Monday, June 4, 2012

Membuat program Handphone, games,dll dengan NETBEAN


MENGGUNAKAN NET BEAN

NetBeans adalah IDE pemrograman Java (bisa juga untuk C/C++) yang berbasis open source. Anda dapat mengunduhnya secara cuma-cuma atau memesan DVD gratis lewat www.netbeans.org.
Kelebihan NetBeans adalah anda tidak perlu repot untuk membangun sebuah aplikasi Java meski anda buta sama sekali dengan coding Java. Selain itu, NetBeans bisa anda gunakan untuk membuat aplikasi desktop (J2SE), aplikasi mobile (J2ME), serta aplikasi web atau yang bersifat enterprise.
Nah, kalau sudah begini minat belajar akan NetBeans pasti akan muncul.
Tapi untuk bisa menggunakan NetBean tidaklah semudah itu, anda perlu mempelajarinya lebih detail tentang pemrograman ini. Disini ada buku lengkap tentang NetBean dan anda perlu download dulu. Gratis kok.
Buku tentang tutorial java dengan menggunakan NetBeans 5.5 , Buku ini sangat bagus bagi anda yang menyukai tetang java EE, Mobilem, Ruby dll.
Didalamnya berisi bagaimana menggunakan NetBeans dari awal sampai koneksi databasenya. Untuk Anda yang membutuhkan buku ini,
netbeans
DOWNLOAD DISINI
Setelah anda download pelajarilah buku ini baik baik. maka anda akan bisa membuat aplikasi dan game java secara mudah dan benar.
Jika malas baca buku tebal ini dan download dibawah ini ada cara singkat cara membuat aplikasi dan game java dengan menggunakan NetBean dari Mas Puput.

Tutorial membuat program java (J2ME) di HP

Dari java.sun.com
Saya berkeinginan membuat tutorial membuat program java(J2ME) di HP, mungkin nantinya saya akan membuat tutorial cara membuat game java di HP. Karena sebenarnya saya bukan orang yang ahli dalam membuat tutorial ataupun dalam membuat game, maka sebelumnya saya mohon maaf apa bila ada kekeliruan atau ada kesalahan dalam penjabaran teknis yang saya tulis.
Langsung saja tanpa panjang lebar lagi.
J2ME sendiri adalah teknologi dari Java programming language yang di khususkan untuk perangkat mobile seperti Handphone, Pocket PC dan apa lagi yah. Pokoknya buat perangkat kecil yang sering dibawa kemana-mana itu lho. J2ME sebenarnya sama dengan pemrograman menggunakan java sendiri, hanya saja dalam J2ME ada beberapa fungsionalitas yang ditambah dan dikurangi dan di sesuaikan untuk pemrograman perangkat mobile.
Tentunya untuk bisa membuat game di HP kita harus sudah biasa dulu menggunakan pemrograman dengan java, disini saya tidak akan mengulas bahasa pemrograman java -mungkin lain kali dalam postingan yang berbeda- saya mengharapkan anda sudah memiliki pengetahuan java sebelumnya. Disini saya hanya akan memberikan pengetahuan mengenai alat yang digunakan dalam membuat program java di HP dan konsepnya.

Untuk alatnya saya menggunakan IDE(Integrated Development Environment) NetBeans versi 6 yang bisa di download gratis di sini, pilih NetBeans yang sudah termasuk Mobility Pack. Agar kita bisa langusng menulis kode program tanpa harus menginstal macem-macem lagi.

Setelah anda menginstall IDE NetBeans, segera jalankan NetBeans nya. Untuk membuat projek baru pilih File-New Project. Nanti akan muncul seperti gambar di bawah.
Tutorial j2me
Pilih MIDP Application dan tekan Next. Selanjutnya anda akan di bawa ke layer Name and Location seperti di bawah ini.
Tutorial j2me
Input Project Name yang sesuai dengan nama project anda dan hilangkan centang di Create Hello Midlet. Tekan Next
Tutorial j2me
Ini adalah layar untuk menentukan target perangkat yang akan anda buat aplikasinya. Pada baris Emulator Platform adalah pilihan emulator yang anda Install di computer anda, untuk saat ini anda hanya menginstall emulator bawaan dari NetBeans anda. Setelah anda merasa perlu menginstall emulator platform untuk spesifik dari vendor lain seperti Nokia, Sony Ericsson dan Motorola anda dapat mengubahnya disini.
Device adalah perangkat emulator atau HP yang nantinya akan anda jalankan di computer anda, dalam menjalankan program yang akan anda buat. Apabila nantinya anda menginstal emulator platform dari vendor lain anda akan bisa menggunakan HP spesifik dari vendor tersebut.
Device Configuration dan Profile adalah spesifik kemampuan dari paket perangkat yang akan anda jadikan target aplikasi anda, sebagai contoh saya punya HP K608 itu mempunyai spesifikasi CLDC 1.1 dan MIDP 2.0 artinya HP saya bisa menjalankan program dengan paket yang ada di CLDC 1.1 dan MIDP 2.0. Untuk lebih lanjut mengenai perangkat yang anda jadikat target riset lah dahulu dengan melihat spesifikasi HP atau perangkat target anda.
Untuk mempermudah anda mengerti, cukup bayangkan HP lama adalah MIDP 1.0 seperti nokia 6015 dan nokia yang gede dengan slidenya yang saya lupa apa mereknya dan HP lama lainnya. MIDP 2.0 HP baru seperti nokia N70, N73, SE K600, SEW800 dan lain lain. Karena MIDP 2.0 lebih banyak ada baiknya anda pilih MIDP 2.0 dan CLDC 1.1 untuk aplikasi kita kali ini.
Pilih Next dan langsung pilih Finish. Siap siap!
Sebenarnya dalam NetBeans ini anda dapat membuat aplikasi HP dengan Visual MIDlet yang ada dalam NetBeans ini, tetapi untuk lebih memahami secara mendalam konsep pembuatan aplikasi dalam J2ME disini saya tidak akan memakai Visual MIDlet.
Konsep program J2ME adalah sebagai berikut. Dalam J2ME kita harus akan membuat main class turunan dari class MIDlet, main class turunan dari MIDlet tersebut yag nantinya akan dipanggil pertama kali saat applikasi kita berjalan di HP, dalam main class tersebut juga ada 3 method yang nantinya berfungsi sebagai trigger even dari HP kita. Seperti:
starApp(), method yang dipanggil apabila aplikasi kita pertama kali jalan.
pauseApp(), method yang dipanggil apabila pengguna hp mempause aplikasi kita.
destroyApp(), method yang dipanggil apabila pengguna hp menutup aplikasi kita.
Kita mulai dengan membuat classMIDlet baru untuk project anda. Klik kanan para project anda di project explore dan pilih new-MIDlet, namakan class baru itu dengan nama MIDletPertama. Kode terakhir file MIDlet anda terlihat seperti di bawah ini.
Tutorial j2me
Untuk pertama kali kita akan menampilkan “Hello J2ME World” pada layar HP. Ada dua jenis tampilan dalam MIDlet,
Low Level menggunakan class Canvas
High Level menggunakan Form
Disini kita akan menggunakan form untuk mempermudah anda mengerti pembentukan tampilan di MIDlet.
Tutorial j2me
Perhatikan kode di atas, frPertama adalah object Form yang akan kita tampilkan di layer, kita memberi judulForm tersebut dengan “Judul”. Lalu method append adalah method untuk menambahkan Item pada Form, Item yang ingin saya tambahkan adalah String “Hello J2ME World”. Statement Display adalah statement untuk menampilkan object frPertama kedalam layer.
Pilih F11 untuk build project dan F6 untuk run project.
Pilih midlet yang ingin dijalankan dan tekan launch di emulator, selanjutnya emulator anda akan menampilkan Form yang anda buat, seperti di bawah.
Tutorial j2me
Selamat, program anda sudah berjalan baik di emulator, bagaimana caranya menjalankan di HP sesungguhnya?
Masuk kedalam folder project NetBeans anda, buka folder dist
Tutorial j2me
Transfer file jar program anda ke HP anda melaluli Bluetooth, infra merah atau kabel data

Tutorial j2me

MEMBUAT GAME JAVA SENDIRI

Jika pengan nyoba game bikinan sendiri.
Download disini. Punya waktu luang sepulang kantor membuat ke isengan saya muncul secara tiba-tiba, dari pada mubazir saya isi dengan membuat game j2me untuk di jalankan di handphone. Pembuatannya yang memakan waktu cukup lama, sedikit mengganggu hidup juga lho, soalnya sempet BT juga kalo banyak error dimana mana. Hasilnya memang tidak begitu bagus sie, karena saya tidak punya ilmu desain grafis, tapi setidaknya game java ini bisa cukup menghibur untuk beberapa menit kedepan. 

Berhubung Handphone saya sedang rusak maka saya belum sempat mencobanya di handphone sesungguhnya, maka dari itu teman-teman kalo ada waktu game javanya tolong di coba dan dimainkan yah, saya mohon kritikan, cacian dan hinaannya. Sebenernya game java ini berjalan cukup baik di emulatornya, tapi seandainya pada saat anda mencoba memainkan game java ini dan game java yang saya buat bisa menyebabkan Handpone anda meledak atau bahkan hilang -Lebay-, mohon di maafkan dan di mengerti karena sebenarnya saya tidak punya niat jahat yang tersembunyi.

Yang tadi bercanda lho, saya cuma mau bilang kalau game java yang saya buat tidak ada kode yang membahayakan keamanannya Handpone anda. Tidak ada program virus, worm, Trojan atau sejenisnya dalam game java saya, tapi kalau ada error-error sedikit harap maklum ya, namanya juga pemula dalam membuat game .
Bagaimana cara bermainnya ?
Keypad 5 atau tombol Fire untuk terbang, gunakan kanan/6 dan kiri/3 untuk bergerak di angkasa, selamat mencoba.
Gamenya juga bisa di download disini

MERUBAH PDF, TEXT KE FORMAT JAR(JAVA) UNTUK HANDPHONE

  1. Install Netbeans
  2. Jalankan Netbeans sehingga muncul layar utama IDEHello World GUI1
  3. Klik menu File | New Project
  4. Pilih Java – Java ApplicationHello World GUI2
  5. Beri nama Project AppHelloWorld dan hilangkan pilihan Create Main Class, karena kita langsung membuat main class pada form Hello WorldHello World GUI3
  6. Klik kanan pada Project yang baru dibuat, pilih New | JFrame Form…
  7. Beri nama Form yang baru dibuat dengan nama frmHelloWorld. Klik finish. Kita akan diberi satu buah form yang bisa didesain secara leluasa.Hello World GUI4
  8. Jika di IDE Visual Basic kita mengenal Toolbox, di Netbeans kita mendapatkan sesuatu yang mirip dengan nama PalleteHello World GUI6
  9. Drag dan drop komponen Button dari Pallet ke form yang baru kita buat sehingga muncul 1 buah tombol dengan text jButton1Hello World GUI7
  10. Klik kanan pada tombol tersebut dan pilih Change Variable Name. Ubah nama tombol menjadi btnHelloHello World GUI8
  11. Klik kanan lagi pada tombol dan pilih Edit Text. Ganti text menjadi Hello World
  12. Klik kanan lagi juga (hehehe…) pada tombol dan pilih menu Events | Actions | actionPerformed. Event ini bisa diumpamakan sebagai event Command_Click pada Visual BasicHello World GUI9
  13. Kita akan mendapatkan layar kode. Ketikkan kode berikut :
    1. JOptionPane.showMessageDialog(null, “Hello World !”);
  14. Kita akan melihat bahwa Java sudah pintar dengan langsung membuat tanda kutif tutup pada saat kita hendak mengetik “Hello World !”.
  15. Seperti halnya VB, Java juga memiliki feature autocomplete untuk method dan properties. Disini kita juga akan menemukan 1 keunggulan penggunaan IDE dibandingkan mengetik program menggunakan konsole / text editor, yaitu feature Auto ImportHello World GUI10
  16. Lihat pada bagian kiri kode ada semacam bohlam lampu kecil. Ini menandakan “ada sesuatu” dengan kode yang kita ketik. Karena kita menggunakan JOptionPane, kita membutuhkan librarynya agar Java mengenali komponen ini. Klik pada pada bohlam lampu tersebut dan pilih Add Import for javax.swing.JOptionPaneHello World GUI11
  17. Setelah kita pilih, Netbeans secara otomatis akan menambahkan tulisan import javax.swing.JOptionPane; pada bagian atas kode.
  18. Simpan project
  19. Klik kanan pada form yang baru dibuat dan klik Run atau tekan tombol SHIFT + F6
  20. Kita akan mendapatkan form dengan 1 buah tombol yang jika diklik akan memunculkan sebuah Message Box “Hello World !”Hello World GUI12
Selamat, anda sudah membuat 1 buah program aplikasi yang akan menjadi langkah awal kecintaan anda pada Java :-) . Mengapa saya menggunakan JOptionPane dan bukannya Label untuk sekedar menampilkan tulisan Hello World ? Karena JOptionPane ini akan banyak kita gunakan pada tutorial mendatang. Kalau sekedar Label, semestinya tanpa perlu setting macam-macam kita sudah bisa memahaminya -)

DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM DARI J2ME JAVA MOBILE

No comments:

Post a Comment

Blog Archive