Thursday, May 24, 2012

Belajar Ilmu Tenaga Dalam Dan Manfaatnya

Di Indonesia ada Ilmu yang sangat terkenal, yaitu Ilmu tenaga dalam. ilmu ini dipakai di berbagai hal seperti medis dan ilmu beladiri. Ilmu ini di pakai dalam Beladiri seperti silat, bangau putih(Jepang), taichi, dan juga di pakai dalam dunia medis seperti akupuntur. Sebenarnya semuanya dapat belajar ilmu tenaga dalam ini karena setiap manusia memiliki sesuatu tempat untuk menyimpan cadangan energi yang terdapat di sekitar ulu hati.

Pemakaian sehari - hari yang di pakai manusia hanya sekitar 2,5% dan 97,5% disimpan di ulu hati. Ini terbukti saat diri kita dalam bahaya. Saat seorang ekspedisi masuk ke dalam goa, dan terperangkap di dalam, ia menjadi kuat untuk mengangkat sebongkah batu yang sangat berat.

Cara Melatih Tenaga Dalam
Cara untuk melatih tenaga dalam perlu konsentrasi dan ketekunan serta rutin. Faktor ini lah yang sangat mempengaruhi keberhasilan melatih tenaga dalam ini. Langkah - langkah latihannya adalah sebagai berikut :
1. Pilih tepat yang nyaman bagi anda agar konsentrasi anda terfokus.
2. Sebelum melakukan latihan ini baiknya berdoa menurut kepercayaan anda masing-masing.
3. Ambil posisi duduk bersila dan badan anda harus tegap.
4. Ambil nafas yang panjang melalui hidung dan buang melalui mulut (lakukan hal ini sebanyak 3kali)
5. Lalu ambil nafas panjang dan tahan selama 10 detik.
6. Rasakan dan alirkan nafas yang ditahan ke daerah ulur hati hingga bagian tersebut terasa kencang dan tahan posisi udara tersebut selama 9 detik.
7. Kemudian keluarkan melalui mulut dengan hitungan selama 9 detik.
8. Lakukan langkah  1-7 sebanyak 9 kali.

No comments:

Post a Comment

Blog Archive